Mengakses Facebook saat bekerja ternyata bermanfaat

Manfaat Akses facebook
Jika perusahaan tempat Anda bekerja melarang Anda membuka Facebook saat bekerja, maka hal itu bisa berdampak pada kinerja yang Anda lakukan. Sebab studi terbaru menyatakan bahwa memberikan kesempatan para pegawai selama 10 menit untuk mengakses Facebook justru bisa meningkatkan kinerja mereka saat bekerja.


Studi ini melibatkan tiga jenis pegawai tertentu. Pertama, pegawai yang dilarang untuk beristirahat. Kedua, pegawai yang dibolehkan beristirahat tanpa menggunakan internet. Kemudian yang terakhir adalah pegawai yang dibolehkan beristirahat dan membuka Facebook selama 10 menit. Hasilnya, pegawai pada kondisi ketiga mengalami peningkatan dalam kinerja mereka.


"Istirahat pendek dan tidak diganggu, seperti mengakses internet, memungkinkan pikiran untuk beristirahat dan mengarah ke konsentrasi total untuk satu hari kerja, dan sebagai hasilnya, peningkatan produktivitas," tutur Brent Coker dari University of Melbourne, seperti yang dikutip dari Business News Daily (14/04).


Selain manfaat produktivitas, Facebook secara tidak langsung meningkatkan kebahagiaan para pegawai, asalkan penggunanya mengakses forum digital yang positif dan tidak menyebabkan stres. Sebab selain dampak positif, Facebook biasanya dilansir sebagai penyebab depresi dan perilaku yang menyimpang.



Sumber: merdeka